Tes Masuk Pascasarjana SIMAK UI

Saya mau sharing sedikit tentang pengalaman saya mengikuti tes masuk pascasarjana ui.

Jadi, tepatnya pada tanggal 8 Juli 2012 hari Minggu, saya mengikuti tes SIMAK UI yang diadakan di Depok. Pada ujian SIMAK ini, saya memilih program studi Teknik Kimia dengan kekhususan Manajemen Gas. Sedikit menyimpang dari program studi yang saya ambil dulu pas S1, tapi ngga apa-apa karena tujuan saya  mengambil jurusan ini salah satunya adalah untuk menambah dan memperkuat ilmu yang ada di dunia kerja saya sekarang😀

Ujian dilaksanakan di Fakultas Teknik UI gedung S (mungkin yang anak FTUI udah pada tau kali ya hehe..) dan dimulai tepat pukul 07.30. Pada saat itu saya datang 5 menit lebih lambat dari jadwal karena saya salah memperhitungkan waktu perjalanan dari rumah saya di Karawaci ke kampus UI Depok. Saat itu saya berangkat jam 06.00, saya kira sempat tapii ternyata waktunya sangat mepet. Tips buat yang mau ujian : jangan sampai telat! Kasih spare waktu buat sampai di tempat ujian 15 menit sebelum tes dimulai karena menurut saya hal ini penting banget buat persiapan segala macem tetek bengek seperti alat tulis & kartu ujian. Jangan seperti saya😳, karena sedikit saja telat, itu sangat terasa efeknya. Saya sempat terburu-buru dan tidak tenang, yang mana kondisi yang tidak baik untuk ujian, tapi Alhamdulillah saya dapat tenang kembali beberapa menit kemudian. Kemudian juga usahakan supaya buang air kecil dan besar sebelum tes, karena tidak diperbolehkan izin saat tes sedang berlangsung.

Sebelum dimulai, 15 menit pertama dilakukan dengan pengisian data diri peserta di masing-masing lembar jawaban. Jangan lupa isi pake 2B lhoo dan pake ballpoint untuk kalimat pernyataannya. Saya rasa bagian ini tidak usah banyak dijelaskan karena pasti sudah biasa dan bisa dilakukan🙂

Setelah itu tes dimulai dengan bagian pertama adalah tes potensi akademik (TPA). Tes dimulai pukul 07.30 dan selesai pukul 10.00. Tes TPA ini pretty much different dengan contoh dari buku tes-tes soal TPA yang jamak tersedia di Gramedia.  Saya pun ikut tertipu, karena ternyata tes SIMAK UI mempunyai format tersendiri sehingga berbeda dari buku yang sudah saya beli yang contoh soalnya kebanyakan mengacu pada tes TPA Bappenas. Mungkin akan lain halnya jika mengikuti tes CPNS, tes TPA nya mungkin bisa dipelajari terlebih dahulu karena tesnya dari Bappenas. Oke, jadi tes TPA kali ini, terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama adalah padanan kata. Jadi di soal tersebut tersedia pasangan kata yang memiliki semacam hubungan dan kita harus mencari jawaban tersebut yang paling dekat hubungannya seperti pada soal. Contohnya kurang lebih sebagai berikut :

Kumis : Kucing = Belalai : ….

 a. Ular   b. Harimau   c. Gajah   d. Hidung ; (kumis dimiliki oleh kucing, sedangkan belalai pasti dimilliki oleh gajah. since the correct answer is C, circle C in your test booklet)

Nah untuk bagian yang ini, mungkin bisa latihan dari tes TPA Bappenas karena salah satu bagian soalnya juga terdapat seperti ini. Untuk tes ini tipsnya adalah banyak-banyak latihan dan banyak membaca tulisan yang memiliki kata-kata dengan kosakata yang jarang kita temui. Tujuannya untuk menambah perbendaharaan kata kita, karena tidak jarang saya temui kata-kata di soal yang jarang dilihat. Oh ya, saya lupa memberitahu, bahwa tes TPA ini jangan dijawab sembarangan apabila kita ragu, karena jika salah akan terkena pinalti -0.2. So, please consider your answers more carefully.

Bagian kedua, kalau saya tidak salah ingat adalah bagian membaca teks Indonesia. Jadi, terdapat beberapa teks Indonesia dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dari beberapa teks tersebut tersedia pertanyaan yang mengacu kepada teks itu. Pertanyaan-pertanyaannya ada yang tersirat maupun tersurat pada teks. Menurut saya untuk bagian ini, yang dibutuhkan hanyalah fokus dan ketelitian dalam membaca teks. Jadi untuk bagian ini, inilah kesempatan kita untuk mengejar poin maksimal. Tips untuk bagian ini, lagi-lagi juga perbanyak membaca. Novel bisa menjadi salah satu bacaan yang baik digunakan untuk latihan.

Bagian ketiga adalah logika matematika. Menurut saya, inilah bagian paling sulit pada tes TPA SIMAK UI. Untuk contoh soalnya yang sederhana kurang lebih sebagai berikut :

Ani mempunyai uang sebesar X rupiah, sedangkan Budi mempunyai uang Y rupiah. Apabila mereka menggabung uang mereka berdua untuk membeli 3 buku yang masing-masing seharga Z rupiah, berapa total sisa uang mereka?

Jawabannya : X + Y -3Z

Nah kurang lebih seperti itu soal-soalnya dan pastinya masih banyak yang lebih sulit daripada contoh soal yang saya berikan. Tipsnya mungkin kita perbanyak latihan mengenai soal-soal logika matematika. Bisa juga kita bermain game yang mengasah otak kita. Jadi, hitung-hitung bermain sambil belajar :p

Untuk bagian terakhir TPA adalah soal cerita matematika. Soal yang paling saya ingat dari bagian ini gambaran besarnya sebagai berikut :

Terdapat satu kelompok yang terdiri dari 10 orang mahasiswa. Kelompok ini memiliki 1 orang yang bertugas untuk mengatur jadwal  jus yang diminum oleh masing-masing orang dari hari Senin sampai Sabtu selama 3 minggu, karena penjual jus akan memberikan diskon apabila memesan minimum 3 gelas pada tiap harinya. Dari penjelasan-penjelasan yang diberikan, nanti ditanya : siapa  yang paling banyak / sedikit memesan jus, jus apa yang paling banyak / sedikit dipesan, jus apa yang memiliki pelanggan setia karena selalu dipesan, jus apa yang sebelumnya tidak dipesan kemudian selalu dipesan setelah pertama kali dicoba oleh salah satu orang dari kelompok tersebut, dsb.

Cara menjawabnya adalah tulis selengkapnya informasi dari soal tersebut di tabel yang telah disediakan di soal. Misalkan pada hari ini A,B,C,dst memesan jus apa, esoknya apa, dsb. Jangan malas untuk menulis informasi ini di tabel, karena kita akan sangat kesulitan apabila tidak melakukannya.

Jam 10.00 tes TPA selesai, kemudian istirahat 45 menit. Masuk lagi 10.45, pengisian data diri 15 menit. Tepat pukul 11.00, tes Bahasa Inggris dimulai. Tes ini, mirip TOEFL namun minus bagian listening. Mungkin sebagian besar sudah pernah juga melaksanakan tes TOEFL. Bagian pertama tes ini (kalau tidak salah) adalah 20 soal structure, kemudian 20 soal vocabulary, dan sisanya 60 soal reading. Saya akui, saya cukup tersiksa pada bagian ini karena bagian reading-nya yang minta ampun banyaak dan njelimetnya. Leher saya sampai sakit setelah tes karena banyak menunduk membaca soal haha. Tipsnya kumpulkan energi sebanyak-banyaknya dari 45 menit istirahat yang diberikan, peregangan otot. Jangan lupa banyak2 latihan tes TOEFL baik dari buku maupun software, hal itu akan sangat membantu.

Tes berlangsung 2,5 jam, selesai pukul 12.30. Saya beres-beres sebelum pulang, mampir sebentar ke mesjid FT UI untuk sholat, kemudian langsung cuss. Doakan ya semoga saya diterima, hasil ujian keluar tanggal 29 Juli 2012. I have given my best, then let God do the rest…

Semoga membantu!

Salam,

FMN

125 thoughts on “Tes Masuk Pascasarjana SIMAK UI

  1. wuaaahhh, minggu besok saya mau ujiaaannn simak UI S2 niihh.. terima kasih banyak yaahh sharingnya.. langsung beli Buku Toefl dan TPA Bappenas.. hahahhaa.. mudah2an saya masukk

  2. kalau TOEFL-nya ditest di UI jg? Btw, mbak punya infonya gak SIMAK UI berikutnya kapan? Soalnya saya baru dpt info kalau SIMAK UI sdh lewat awal desember 2012. Thanks Mbak… Sukses🙂

    • toefl itu ngga ada, adanya tes bahasa inggris tapi formatnya emang mirip seperti toefl. hmm kalo itu saya kurang tau, mungkin awal februari kali ya, coba dicek ke web ui aja..btw panggilnya ‘mas’ aja🙂

  3. “Sedikit menyimpang dari program studi yang saya ambil dulu pas S1”..permisi, mau tanya, tapi masnya waktu S1 dari teknik juga bukan? coz saya ada rencana mau ambil teknik sipil tapi S1 saya fisika, waktu saya baca di brosur katanya S2 teknik UI hanya menerima dari S1 jurusan teknik saja, apakah betul ya? saya belum tanya langsung sih ke UInya..

    • hmm ada baiknya sih langsung ditanya ke UInya saja, apakah bisa kalo dari ilmu eksak mengambil S2 teknik. Memang saya dari teknik, ilmu general seperti termodinamika mungkin masih nyambung, tapi untuk ilmu2 yang sudah spesifik ke teknik kimia itu harus belajar lagi.

  4. Terimakasih ya mas info nya. Mau nanya mas, berarti kalau semisal saya mau daftar S2 Manajemen Telekomunikasi di fakultas teknik, S1 nya boleh dari jurusan teknik apa saja ya mas? kebetulan S1 saya dari informatika. Ini tes nya sama untuk semua jrusan mas? berarti tpa, b.inggris dan b.indonesia saja? makasihya mas sebelumnya.

  5. Mas, setelah daftar online untuk S2,ada pengumpulan berkas gak di kampas UI?
    Truzz,wkt daftar dlu ada persyaratan toefl gak?
    Thanks atas jawabannya…

  6. “Tes ini, mirip TOEFL namun minus bagian reading. Mungkin sebagian besar sudah pernah juga melaksanakan tes TOEFL. Bagian pertama tes ini (kalau tidak salah) adalah 20 soal structure, kemudian 20 soal vocabulary, dan sisanya 60 soal reading.”

    minusnya bagian reading atau listening ya mas?

    ada contoh soal TPA-nya ga? link downloadnya kalau ada. terima kasih

  7. Hi mas fabian, terima kasih buat masukanny.
    Btw, berarti sekarang sudah diterima ya?
    Oh iya, itu linknya untuk soal bahasa inggris saja ya? Ada gak yg TPA juga? Kan katany soal TPA UI “agak beda”..
    Terima kasih, mas..

    • iya alhamdulillah sudah. iya saya juga nemunya yang itu aja sih mbak, kalo yang soal lainnya seperti TPA memang sepertinya ngga ada contohnya. tapi menurut saya sih belajar dari soal2 TPA Bappenas mudah2an udah cukup..

  8. Beneran ni mas soal2 matematika-nya ga ada “cos-sin-tan”, “logaritma”, dkk??😀 he2.. Kalo bener ga ada Alhamdulillah banget… :p thx very much atas sharing-nya🙂

  9. Makasii info nya mas..jd dh punya bayangan jg buat tes minggu ini..smoga bs nyusul mas ny deh lulus di pascasarjana ui…amiiiin….

  10. Gan ane juga mau ikutan nih, tolong kasih referensi buku buat latihan TPAnya gan.. biar gampang nyarinya ntar di Gramedia😉

  11. Untuk bagian bahasa inggris sudah saya sebutkan di atas:
    (kalau tidak salah) adalah 20 soal structure, kemudian 20 soal vocabulary, dan sisanya 60 soal reading

    untuk bagian pertama, kurang lebih sekitar 20 soal kecuali tes soal cerita.

  12. Mau sharing sedikit mengenai SIMAK UI.Saya baru saja mengikuti SIMAK UI tanggal 1 Desember 2013. Skor untuk soal TPA-nya adalah 4 untuk jawaban benar, 0 untuk soal yang tidak dijawab dan -1 untuk jawaban yang salah.
    Soal-soal TPA kurang lebih sama dengan yang Mas Fabian ceritakan. Untuk soal tes bahasa Inggris terutama bagian structure dan error recognition mirip dengan soal TOELF. Malahan menurut saya agak lebih mudah. Nah, bagian reading-lah yang menurut saya banyak menyita waktu saya. Ada 6 topik bacaan. Dari masing-masing topik akan ada 10 soal yang ditanyakan. Untuk bagian bahasa Inggris ini tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab.

  13. Mas Fabian, kisi-kisi untuk TPA Bagian Ketiga (Logika Matematika) itu tentang apa saja ya??? Apakah ada rumus-rumus matematika yang perlu kita hafal, kan jawabannnya berupa simbol saja dari kalimat dalam soal. Terima kasih banyak mas. Mohon dibantu ya mas.

    • Tidak ada kisi-kisinya serta rumus-rumus yang perlu dihafal. Yang ada hanyalah permainan statistik dari data-data yang diberikan, tinggal bagaimana kita mengolahnya.

  14. Mas, ada ga soal-saol seputar irama perubahan angka dan gambar seperti dalam TPA lainnya. Trus mau tanya soal logika matematika, apakah tidak ada hitungan2 angka, logika saja?

  15. Mas, selain tes tpa sama bhs. Inggris ada tes wawancaranya jg ga? kebetulan saya mau ambil kelas manajemen gas juga.

  16. Mas, aku coba klik link yang mas kasi buat download soal2, kok ga bisa ya?
    wish me luck on upcoming test ya mas…

  17. mas beda S2 kelas reguler sama khusus apa?
    apa ujian masuknya juga sama sulitnya?
    tlg dibalas y soalnx sy mw dftar d UI, teknik.

    • kalo reguler ya kelas pagi, terus materinya lebih ke arah teori. Kalo kelas khusus, sore bisa sambil kerja, materinya banyak berhubungan sama dunia kerja. Kalo tes SIMAK nya sih sama aja baik yg reguler atau khusus

  18. Waahh knp baru nemu skrg ini blog? Hihi.. Syukur sy lulus S2 Notariat UI.. Jujur sy ga nyangka bakalan lulus, soal2 TPA nya beda sekali dg buku soal2 tes TPA Bappenas yg sy beli di grameia.. Tingkat kesulitannya tinggi sekali… Begitu juga dg b.inggris, bener bikn pegel leher bbrp hari setelah tes..

  19. Sayang sekali saya lulus tes pasca ui ga bisa menjalaninya,karena hrs pindah ikut suami di lombok….huhuhuhuhu….

  20. Numpang Nanya, kalau kelas khusus apakah jumlah kehadiran mahasiswa sangat diperhitungkan, sehubungan jika mulai kuliah jam 17.00 pasti telat terus karena pulang kantor saja jam 17.00 dan pasti kena macet.

    Thanks

    • kalo telat biasanya dosen bisa toleransi, asal jgn terlalu lama karena waktu 1 mata kuliah terbatas. Ada beberapa dosen yang menghitung kehadiran, dan di lembar absensi UTS/UAS biasanya ditandai bagi mahasiswa yg kehadiran di bawah 70% kalau tidak salah.

  21. mas… saya mau nanya masalah penilaian yang katanya minus 0,2 kalau salah. apakah berlaku untuk semua soal dan apakah berlaku sampai sekarang???
    #kdengrannya lebih kejam dari oto bapenas yh😀

  22. Mas Fabian, Alhamdulillah saya lolos ujian Pascasarjana SIMAK UI periode April 2014 lalu.
    Thanks sharingnya ya mas.
    Oiya, sharing utk teman2 yang mau ikut ujian, kalau ambil Prodi Ilmu Manajemen ada tes interviewnya setelah beberapa minggu berlangsungnya ujian TPA & TOEFL.

      • Maaf mas, saya mau tanya. Mohon responnya ya..kebetulan saya juga mau ambil program magister d UI tahun depan.. saya sudah coba download soal-soal simak ui mas, tapi setelah saya lihat dan saya baca blog mas dan tanya jawab dengan teman2 lain. Soal2nya itu yang Simak UI untuk pascasarjana itu berupa TPA umum ya mas, saya pikir semacam TPA yang kaitannya dengan (mtk dasar,b.ind,b.ing,mtk ipa,biologi,fisika,kimia) bukan yg simak itu ya mas. Saya bgg jdinya mw bljr yg gimana. Mksh sblmnya

  23. Maaf mas, saya mau tanya. Mohon responnya ya..kebetulan saya juga mau ambil program magister d UI tahun depan.. saya sudah coba download soal-soal simak ui mas, tapi setelah saya lihat dan saya baca blog mas dan tanya jawab dengan teman2 lain. Soal2nya itu yang Simak UI untuk pascasarjana itu berupa TPA umum ya mas, saya pikir semacam TPA yang kaitannya dengan (mtk dasar,b.ind,b.ing,mtk ipa,biologi,fisika,kimia) bukan yg simak itu ya mas. Saya bgg jdinya mw bljr yg gimana. Mksh sblmnya

  24. Makasih mas sudah menulis pengalamannya, sangat bermanfaat sekali blog-nya. Saya mau nanya tentang masa daftar ulang setelah pengumuman lolos, berdasarkan pengalaman mas, jangka waktu daftar ulang diberi waktu berapa lama ya? Karena pengumuman beasiswa yang saya ajukan baru sekitar 10 Juni, sedangkan pengumuman UI tgl 18 Mei. Saya takut bila misalkan nantinya ketrima UI tapi tidak bisa membayar daftar ulang. Mohon infonya, terima kasih sebelumnya.

  25. mas mau tanya klo soal2 tes masuk pascasarjana itu yg bentuk eebook atau pdf atau winrara disitus mana ya aku ingin test di pascasarjana univ terbuka sambil bantu usaha ortu mohon bantuannya mas

  26. mas fabian, saya akan mengikuti SIMAK mm di ui tanggal 14 juni ini. Saya download soal simak sebelumnya kenapa banyak sekali rumus2nya yah? seperti logaritma, rumus peluang? apa benar soal ujian SIMAK nya seperti itu yah? karena saya dari jurusan ips kan ga ngerti rumus2 seperti itu hehe…

    saya dowload di
    http://www.sukmaindar.com/download-soal-simak-ui-komplet-persiapan-seleksi-masuk-universitas-indonesia/

    pls help yah..pusing banget baca itu soal haha

  27. Salam kenal mas,sy juga mau ambil SIMAK UI 14juni ini.Jadi TPA UI itu lebih susah dr TPA BAPPENAS ya?
    Klo boleh tau passing grade utk TPA & Inggrisnya brp ya?

  28. kalau kelas di khusus di salemba itu belajarnya cuman di salemba ya?? jd ga pernah belajar di depok?? atw ada kemnugkinan belajarnya mix di deppok dan salemba?
    trus jam belajarnya klo yg khusus dan reguler itu jam brp aja yah ?? thanks…

    • iya kelas khusus di salemba, kelas reguler di depok, tidak di mix.
      jam belajar untuk kelas khusus biasanya pada hari kerja mulai dari jam 5 sore, reguler biasanya pagi sampai sore

  29. Mas maaf mau tanya, kalau semisal tes gelombang 1-nya tidak lulus, bisa mendaftar lagi di gelombang 2 atau selanjutnya tidak, ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s