ya, memang sudah seperti itu jalannya..

Hai, saya ingin sedikit menceritakan keputusan yang saya ambil untuk bekerja.

Saya sekarang sedang bekerja di salah satu perusahaan EPC yaitu Petrofac IKPT International yang berada di Jl. Prof Dr Soepomo di daerah Pancoran. Saya udah mulai kerja dari tanggal 2 April 2012. Sesuai dari pos saya yang lalu, saya juga mengikuti proses rekrutmen PT Halliburton Indonesia. Nah, selama proses rekrutmen di Halliburton berlangsung, sudah datang tawaran kerja dari Petrofac. Akhirnya setelah melalui diskusi panjang dengan orang tua, saya memutuskan untuk berkarir di Petrofac saja terlebih dahulu. Memang saya sempat mengusulkan untuk nekat saja menunggu kabar dari Halliburton (pada saat itu keadaan saya masih digantung), tetapi orang tua tidak setuju, terlalu beresiko kata mereka. Hal ini terjadi tepatnya pada hari Jumat 30 Maret 2012, dimana saya harus menentukan keputusan karena offering Petrofac ditentukan diambil atau tidaknya pada hari itu juga.

Ya sudah, saya ambil saja penawaran yang diberikan. Saya mulai menjalani kerja sebagai mechanical static engineer. Disana saya belajar mengenai equipment2 yang tidak bergerak seperti pressure vessel, tank, dll. Nah 2 minggu berjalan semenjak saya mulai bekerja, tiba-tiba surat penawaran dari Halliburton datang ke email saya. Saya dioffering untuk bagian wireline engineer. Saya kasitau berita ini ke orangtua saya. Mereka sebenernya lebih menyarankan untuk tinggal saja disini, cari pengalaman. Sempat sih terlintas di pikiran jika saya mengambil wireline, saya bisa training ke kairo atau ke amerika. tetapi saya memutuskan untuk tetap tinggal di Petrofac, toh nanti saya juga main2 ke lapangan, atau bisa saja dikirim ke Timur Tengah, dimana headquarter kantor saya sekarang berada😀

Bagaimana saya memutuskan untuk tetap tinggal? Padahal banyak teman saya yang mengatakan “sayang sekali” “kenapa ngga lo ambil aja?” dsb yang menyayangkan keputusan saya. Ya, tiap orang mempunyai sudut pandang masing-masing. Mungkin suara mayoritas akan menyarankan saja untuk pindah ke Halliburton. Dari diskusi saya dengan orang tua bahwa kedua perusahaan tersebut ada kelebihan dan kekurangannya, ada enak dan ngga enaknya. Pada akhirnya, semua itu tergantung dari kita. Pilihan kita lah yang akan membawa dan membentuk jalan hidup kita.

Apakah saya menyesal untuk tetap tinggal dan melewatkan kesempatan besar untuk bergabung dengan Halliburton dan ke luar negeri? Tidak. Tidak ada yang patut disesali, semua sudah diatur oleh-Nya. Sekuat apapun keinginan kita untuk mendapatkan sesuatu, jika memang bukan jalan takdirnya ya kita tidak akan bisa mendapatkannya. Begitu juga dengan rezeki. Rezeki masing-masing orang sudah diberikan sesuai porsinya oleh Allah SWT, dan kita tinggal berusaha untuk menjemputnya. Mungkin rezeki saya ada di ‘sini’ bukan di ‘sana’, tidak usah saya sesali. Saya percaya ini jalan yang terbaik. Saya mau mengutip salah satu ayat favorit saya di Al-Quran,

QS : Al-Baqarah 216 : “Fighting has been enjoined upon you while it is hateful to you. But perhaps you hate a thing and it is good for you; and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not.”

Ayat ini bermakna general, bahwa terkadang kita menyesali/membenci sesuatu tetapi sebenarnya itu yang terbaik, dan sebaliknya. Kita sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak mengetahui, sedangkan Dia mengetahui. Jadi, apapun yang kamu terima atau alami sampai sekarang, jangan disesalkan. Yakinlah, bahwa itu adalah hal yang terbaik yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.

9 thoughts on “ya, memang sudah seperti itu jalannya..

  1. Mas boleh sharing tes Halliburton pas interview user wireline nya seperti apa? Kebetulan akan tes dalam waktu dekat. Untuk sharing pengalaman sebelumnya terimakasih, sangat membantu🙂

  2. Hai hai, boleh sharing ttg pengalaman interview wireline? Kebetulan dlm bbrp waktu dekat akan ikut interview user-wireline perforating ini. Mau minta gambaran dan perkiraan ajaa, hehe. Sebelumnya terima kasih untuk postingan sharing tes nya, sangat membantu :))

  3. halo, interview wireline kemarin, saya diinterview sama orang bule, dari Bolivia katanya. Pertanyaannya kebanyakan seputar CV aja, terus ada ngebahas masalah teknikal sedikit tentang kegiatan produksi kayak drilling dsb. lalu ditanya bagaimana cara berhadapan dgn orang lapangan dan siap ngga ditempatin di remote area. Mungkin itu aja kali ya, semoga sukses ya tesnya.

Leave a Reply

