Rekrutmen Halliburton (in progress)

Yak baru saja kemarin ini saya habis menjalankan proses rekrutmen Halliburton. Tesnya diadakan di kawasan Cilandak dan dimulai jam 08.00. Yang paling jadi kendala itu macetnya! Ngga tahan deh macet kota Jakarta, sepertinya kalo mau kerja atau ada janji di Jakarta musti berangkat lebih awal lagi dari waktu yang diperkirakan sebelumnya. Seperti saya kemarin, tes jam 8 tapi udah tau rumahnya jauh malah berangkat jam 6 :p, idealnya mungkin jam 5.15 kali ya.

Jadi langsung aja, tes kemarin itu terdiri dari dua tahap, yang pertama written test yang berisikan soal bahasa inggris dan soal logika. Soal bahasa inggris ini mirip2 seperti tes TOEFL (bagi yang udah pernah pasti tau), jadi ada bagian yang melengkapi kalimat, trus ada bagian yang benerin struktur kalimat, sama bagian reading. Nah untuk soal logika ini merupakan soal matematika dasar yang lebih banyak menggunakan logika, kita misal harus mencari hubungan antara kalimat satu dengan lainnya dan masih banyak tipe soalnya. Tahap ini berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam.

Setelah selesai tes, kami para peserta diperbolehkan untuk istirahat. Nanti hasil tes bakal diumumkan paling cepat 2 jam kemudian, lama juga ya😀. Setelah menunggu 2 jam, hasil pengumuman keluar. Alhamdulillah saya lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tahap Focus Group Discussion. Kalau kata teman saya yang sudah diterima di Halliburton, dulu dia tidak ada tahap FGD, jadi langsung interview user karena pesertanya sedikit. Kalo sekarang memang cukup banyak sih, yang lolos sampai tahap FGD ini ada 59 orang. Di tahap ini, saya sekelompok dengan 5 orang lainnya yang lolos , jadi satu grup itu ada 6 orang. Pas FGD berlangsung, kelompok kami diberikan kondisi sbb : Kami menjadi tim manajemen di sebuah universitas yang sedang mengalami krisis. Di situ kami diberikan beberapa pilihan yang dapat menyelesaikan masalah, dan kami mendiskusikan pilihan mana yang kira-kira paling baik untuk semua. Hasil diskusi kemudian dibicarakan kepada pengawas. Tahap ini berlangsung kurang lebih 15-20 menit saja.

Setelah selesai FGD, pengawas memberitahukan bahwa hasil tes diumumkan minggu ini. Bagi yang lolos akan dikabarkan via telepon dan akan melanjutkan interview user. Yah mudah2an saja saya lolos😀, saya sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik. Hasil dan keputusan saya serahkan kepada Allah SWT. Oke, itu sedikit sharing dari saya, semoga bermanfaat bagi yang mau ikut tes ini kedepannya.

27 thoughts on “Rekrutmen Halliburton (in progress)

  1. knp ga d’ambil mas ??
    saya snin bsok mau interview HRD, stlah sbloum ny interview user
    kira2 apa aja ya yg dtanyakan pada saat interview HRD ya mas??😀

    • banyak pertimbangan lain.
      semangat mas, kesempatan keterima besar bgt kalo udah sampe tahap user. ya banyak berdoa aja hehe.
      kmrn saya cuma ditanya seputar CV aja kok sama hal2 kyk pengalaman organisasi, manajemen stress, kelebihan & kekurangan.
      gitu aja ngga macem2 kok. udah interview user apa aja btw?

  2. kalo boleh tau bro, tes matematika logicnya seperti apa ya ? ada gambaran ngga ? ane mau tes nih rabu depan buat entry level eng. mohon bantuannya, kira2 ane mesti belajar darimana ya ? makasih banget infonya suhu2 sekalian😀

    • sabar aja dulu. gw juga agak lama waktu itu dikasih pengumumannya, biasanya kalo udah sampe tahap terakhir kemungkinan diterima lebih besar. sama ditanyain juga temen2 tes bareng ente udah pada keterima apa blom

  3. Sudah 3-minggu lewat lum ada khabar dari Halliburton; Jika sampe akhir minggu ini gak ada khabar artinya bgmn ya dan apa yg harus sy lakukan…..

  4. Apakah perlu telpon balik ke user, krn waktu interview kemarin ada no hp-nya….
    atau tetep tunggu aja……atau bisa share nomor HRD PIC…..bs japri to email sy please….
    Sebenarnya sy bingung jg kok gak ada test tulis/ketemu lgs user….sy hanya di telp 2x by HR and user interview by phone…..sy sdh pengalaman bekerja, apakah utk yg pengalaman process spt apa ya……sekali lagi Terimakasih banyak advise dan info-nya….

    • Ditunggu saja dulu, pasti kok diproses. Namun mungkin karena pelamarnya banyak jadi agak lama. Saya juga dulu dioper2 ke beberapa user sampai akhirnya ke bagian wireline. No telp HR ya telpon aja coba yang pernah nelpon anda, saya udah ngga simpen lagi nomornya.

  5. bang, nanya dong. test tertulisnya halli kan ada inggris TOEFL gitu, matematika sama logika. Bisa jelasin agak detail gak bang kasi sample yg matematikanya (apakah ada deret, ngitung luas bangung ruang, matriks, limit, probability?) maap ya bang banyak tanya, hehe

Leave a Reply

