Mengurus Peningkatan Sertifikat Rumah (HGB ke SHM) Sendiri di BPN Cibinong

Berawal dari keinginan saya untuk meningkatkan sertifikat rumah saya dari HGB (hak Guna Bangunan) menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik) yang sudah lama ada semenjak awal tahun ini, saya punĀ  survey harga ke beberapa notaris untuk proses peningkatan sertifikat rumah tersebut. Lalu saya dapatkan bahwa harga yang ditawarkan oleh notaris-notaris tersebut berkisar antara 2-3 juta Rupiah.

Karena budget saya terbatas, saya mencoba alternatif lain dengan harga yang lebih ekonomis. Mengandalkan mbah Google, saya temukan bahwa proses peningkatan sertifikat rumah bisa lebih murah dengan cara mengurus sendiri ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) di setiap daerah dimana rumah kita berada.

Awalnya saya sempat ragu bahwa dengan mengurus sendiri akan membutuhkan waktu yang lama dan berbelit-belit, mengingat citra birokrasi pemerintahan yang tidak baik di mata masyarakat pada umumnya. Ditambah, beberapa komentar dan review negatif yang saya temukan di Internet, dari orang-orang yang sudah pernah mengurus sendiri peningkatan sertifikat rumah ke BPN sebelumnya.

Namun, pada hari Rabu minggu lalu (13 November 2019), akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pengurusan peningkatan sertifikat sendiri ke kantor BPN, dengan berbekal review dan pengalaman orang-orang yang saya dapatkan dari Internet.

Karena rumah saya masuk di dalam wilayah Kabupaten Bogor, maka kantor BPN yang saya tuju adalah BPN Cibinong (yang berada di dekat Cibinong City Mall).

Meluncurlah kemudian saya kesana, dan sampai disana pukul 08.30. Lalu, tidak sampai 2 jam, saya sudah selesai mengurus peningkatan sertifikat rumah: memasukkan berkas dan menyelesaikan pembayaran. Ternyata, proses pengurusan ini begitu cepat dan mudah, sehingga praduga dan keraguan saya di awal terpatahkan dengan sendirinya.

Adapun detail proses pengurusannya, akan coba saya ceritakan disini secara runut poin-per-poin. Semoga dapat menambah wawasan Bapak dan Ibu sekalian dalam hal pengurusan peningkatan sertifikat rumah secara mandiri.

Oh ya, pengalaman yang saya ceritakan disini adalah spesifik untuk di kantor BPN Cibinong. Sementara di kantor BPN daerah lain saya tidak tahu, namun saya berharap prosedurnya tidak jauh berbeda dengan yang saya ceritakan.

Continue reading