Imperium: Sebuah Kisah Romawi Kuno

Setelah beberapa bulan lamanya mulai membaca buku ini, akhirnya sampai juga ke halaman terakhir di malam ini. Novel yang berjudul Imperium ini, sebuah novel keluaran tahun 2006 (telat ya :D), menceritakan perjuangan-perjuangan orator hebat yang bernama Cicero dalam prosesnya untuk mencapai gelar tertinggi pada masanya yang disebut dengan konsul. Cicero merupakan seorang pemikir (layaknya filsuf Romawi seperti pada zaman dahulu), pembicara ulung, orator sejati, yang terkenal dalam kejeniusannya mengolah kata-kata dan menyajikannya dalam pidato-pidato yang memukau. Cicero meraih gelar konsul (sekarang setara dengan presiden) pada batas umur minimum yang diperbolehkan yaitu 42 tahun. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa karena konsul-konsul sebelumnya belum pernah ada yang seperti itu. Sementara banyak calon konsul lainnya yang bermain busuk dengan cara mengandalkan kekuatan uang, pasukan dan relasi untuk meraih gelar konsul, Cicero meraihnya murni karena bakatnya berbicara, serta kemampuan yang sama baiknya untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Cover Buku Imperium

Banyak sekali sebenarnya kata-kata dan ucapan dari Cicero yang menarik untuk dituliskan ulang sebagai “Favorite Quotes” di blog ini, namun rentang waktu yang cukup jauh mulai dari saya membaca sampai menghabiskan halaman terakhir buku ini, membuat saya agak kesulitan menemukan kembali kata-katanya. Kalau mau sih, ya memang harus baca ulang (agak malas tetapi rasanya, hehe…) dan langsung mencatat jika menemukan kata-kata yang dianggap menarik (yang sayangnya ngga saya lakukan saat saya mulai baca).

Tetapi ini ada satu ucapan yang bagus dari Cicero:

Seni kehidupan adalah mengatasi masalah ketika ia muncul, bukannya menghancurkan semangat dengan mencemaskan hal-hal yang terlalu jauh di depan – Cicero

Yap, segitu aja dulu deh ya. Saya cukup bahagia karena hari ini dua buku selesai saya baca. Yang satu lagi bukunya dee lestari yang berjudul Partikel, yang bahagianya dapat saya baca gratisan karena buku temen😛

NB: Selanjutnya pengen banget nyelesaiin buku yang udah lama saya beli (mungkin hampir 1.5 tahun lalu). Emang agak berat sih bukunya karena tentang filsafat, judulnya Dunia Sophie. Yah maklum deh tebelnya aja 700 halaman lebih. Saya juga pengen beli bukunya A. Fuadi yang baru, katanya sih udah keluar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s