Review Film Oldboy (2003)

Revenge is a dish best served cold.

Beberapa hari yang lalu saya menonton film korea yang berjudul Oldboy. Agak telat memang baru nonton film ini, karena filmnya sendiri sudah rilis di tahun 2003. Film ini cukup berkesan bagi saya, karena menurut saya, film ini film SAKIT. Film ini menceritakan kisah orang yang ingin balas dendam, dan dia pun melakukannya dengan cara yang sangat rapi. ‘Sampe segitunya banget’ mungkin kata yang tepat buat menggambarkan bagaimana cara orang ini membalas dendam. Oke langsung aja masuk ke cerita filmnya.

Balas dendam sepertinya tema yang tepat sebagai latar belakang film ini. Cerita bermula dari pria yang bernama Oh Dae Su yang dikurung di dalam suatu ruangan selama 15 tahun tanpa dia sendiri mengetahui alasannya. Setelah dikurung selama 15 tahun dia pun akhirnya dibebaskan dan masih belum mengetahui siapa ‘otak’ dibalik penyekapannya dia selama ini. Oh Dae Su yang sebelum disekap memiliki istri dan seorang anak perempuan, saat dibebaskan sudah kehilangan keluarganya. Dia difitnah telah membunuh istrinya, dan anak perempuannya dikabarkan tinggal dengan keluarga angkat.

Dia pun mulai mencari teka-teki dibalik semua ini. Di tengah perjalanannya untuk mencari misteri ini, dia bertemu dengan seorang wanita yang bernama Mido. Mido pun kemudian ikut membantu Oh Dae Su untuk menemukan jawaban yang dia ingin cari.

Langkah pertama yang dilakukan Oh Dae Su adalah mencari restoran yang menyediakan makanan selama dia disekap. Suatu saat ketika disekap, dia menemukan kertas bertuliskan ‘Blue Dragon’ di dalam makanannya. Dia yang selama 15 tahun memakan makanan yang sama, tidak akan pernah melupakan rasanya sehingga dia mencicipi menu yang sama persis dengan menu yang ia makan di semua restoran.

Pada akhirnya dia menemukan jalan untuk bertemu dengan si penyekap. Bermula dari restoran, dia kemudian bertemu dengan ketua geng yang mengelola gedung tempat ia disekap. Dari situlah dia bertemu dengan Woo-Jin, pria yang menyekap Oh Dae Su selama 15 tahun dengan motif balas dendam.

Singkat cerita, Oh Dae Su diberikan waktu 5 hari untuk mencari jawaban kenapa ia dikurung dan setelah 15 tahun dilepaskan begitu saja. Oh Dae Su pun akhirnya menemukan jawabannya yang berhubungan dengan kisah mereka pada saat sekolah dulu.

Saya tidak ingin spoiler🙂 silakan tonton saja filmnya bagi yang belum dan penasaran. Adegan berkesan di film ini adalah saat Oh Dae Su memakan gurita hidup-hidup *ew* dan perkelahiannya dia seorang diri dengan anggota geng di lorong gedung dimana ia pernah disekap dulunya. Adegan paling berkesan tentu nilai twistingnya film ini. Tidak akan ada yang mengira bahwa isi kotak ungu yang ada di penthouse si Woo-Jin berisi informasi yang begitu menyakitkan bagi si Oh Dae Su.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s