Tempat jalan-jalan yang bagus = tempat sholat yang nyaman

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Minggu siang, saya dan teman-teman kontrakan mengadakan kumpul2 di Senayan City karena sudah lama kita tidak bertemu. Saat kumpul2 disana, kami sempat melaksanakan sholat dua kali di musholla Senayan City. Kalau dilihat-lihat mushollanya bagus, bersih, nyaman, luas, dan ber-AC lagi, sholat pun jadi terasa lebih enak walaupun dilakukan di tempat umum yang memang bukan dikhususkan untuk sholat seperti masjid..

Kemudian, saya berpikir dan memang sudah lama sekali saya memikirkan hal ini (berlagak filsuf) bahwa kenyamanan untuk melaksanakan sholat di suatu tempat jalan-jalan seperti mall adalah sebuah hal yang sangat penting, di sebuah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Pernah tidak kalian temui mall-mall yang bagus dan besar tetapi tempat sholatnya kecil, sempit, panas, dan karpet sholatnya yang bau apek karena akumulasi dari air-air bekas wudhu orang-orang yang pernah sholat disana.  Terkadang penempatan musholla pun ditempatkan di daerah-daerah yang cukup jauh dari tempat jalan-jalan. Jamak saya temui musholla2 itu ditempatkan di basement yang pengap berbarengan dengan tempat parkir mobil ataupun motor. Saya pernah menemui musholla semacam ini di beberapa tempat di Bandung yang pernah saya kunjungi, sebut saja BEC atau Ciwalk😀

Memang ada beberapa musholla yang sangat nyaman di tempat jalan-jalan baik di Jakarta ataupun di Bandung, tetapi tetap saja musholla yang tidak nyaman tersebut lebih banyaak terdapat di tempat2 yang lain. Kenapa ya? Apa yang salah dengan menyediakan tempat yang cukup luas  dan diberikan fasilitas yang lebih baik hanya untuk melaksanakan sholat saja? Kesannya musholla di tempat-tempat jalan ini kok seperti di-anak tiri-kan oleh para pendiri2 tempat-tempat ini. Musholla seakan-akan ditempatkan di prioritas urutan paling bawah dalam hal pengembangan ruang dll, tempat-tempat untuk menjual makanan dan baju malah yang lebih diutamakan, mereka dipercantik, diperindah dengan segala aksesorisnya.

Yah,,seperti biasa hanya sekedar pendapat pribadi yang ingin saya keluarkan dan tuliskan di blog. Lucunya, saya pernah  berandai-andai kalau misalkan saya diberikan kesempatan untuk menjadi pendiri salah satu tempat jalan-jalan, saya ingin membuat musholla yang paling nyaman se-Indonesia di tempat jalan-jalan seperti mall. Yah semoga andai-andai saya kesampaian cool

Leave a Reply

