Belajar untuk menulis, menulis untuk belajar

Sebetulnya sudah lama saya berkeinginan untuk menulis, tetapi keinginan tersebut hanya sekedar angin lewat. Kadang saya lebih mendahulukan kepentingan-kepentingan lain yang mungkin tidak terlalu penting amat, hehe. Nah, mulai saat ini saya memotivasi diri saya sendiri untuk menulis dan terus menulis. Banyak sekali manfaat yang kita bisa ambil dari kegiatan menulis ini.

Beberapa pepatah dan ucapan orang besar menjelaskan manfaat yang bisa kita peroleh dari menulis. Pepatah kuno dari negeri para filsuf berbunyi “Scripta manent Verba volant ” yang kurang lebih artinya apa yang tertulis akan abadi, apa yang terucap akan tertiup bersama angin. Hal-hal yang sedemikian banyaknya yang terjadi di kehidupan kita, tidak bisa kita ingat hanya dengan mengandalkan memori otak. Metode pembelajaran yang baik juga dilakukan dengan membuat catatan (tulisan) supaya lebih mudah diingat. Seorang Napoleon Bonaparte juga pernah berujar : ”Saya lebih takut kepada seorang penulis dengan pena yang ia miliki, ketimbang 1000 prajurit tangguh dan terlatih lengkap dengan bayonet yang terhunus”. Lihat? begitu berpengaruhnya menulis itu sampai seorang Napoleon saja berkata seperti itu.Dari kata-kata tersebutlah motivasi saya untuk menulis semakin besar. Menulis juga dapat mengasah otak kita untuk berpikir sama halnya seperti membaca. Dengan menulis kita juga bisa mendapatkan hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya.

Yah mudah-mudahan saja semangat ini tidak luntur hingga saya tua nanti. So, buat kamu yang ingin menjaga keabadian, menulislah. Keep your memories alive! Belajarlah untuk menulis, dan dari menulis kamu bisa belajar banyak hal.

Leave a Reply

